Apa Itu Class, Object dan Instance dalam OOP

Bagi yang baru pertama kali belajar Pemrograman dengan paradigma Object-oriented Programming atau yang seringkali disingkat dengan OOP pasti mengalami kebingungan dengan istilah Class, Object dan Instance. Apa perbedaan dari ketiga istilah tersebut?

Singkatnya, Object adalah rangkaian software dari properti dan method yang bersangkutan. Ngerti gak? Hehe. Baca dulu aja. Selanjutnya Class adalah bentuk dasar atau dalam istilah bahasa inggrisnya sering disebut dengan Blueprint/Prototype dari object. Kemudian yang terakhir Instance adalah unit dari Class.

Oke, kita bahas satu persatu:

Object, dalam dunia nyata mempunyai dua karakteristik yaitu: Hal-hal yang melekat (ciri-ciri) dan perilaku. Manusia memiliki hidung, hidung ada yang mancung ada yang pesek dan bentuk lainnya, nah ini yang disebut property dalam object. Kemudian Manusia bernafas dengan hidung, manusia tidur, manusia berjalan, manusia berlari, nah inilah yang disebut method dalam object atau perilaku alias behavior. Contoh object lainnya, kita ambil object Mobil. Mobil memiliki roda, mesin, kursi dan yang lainnya yang ada pada mobil pada umumnya, itu disebut property dalam object. Kemudian mobil berbelok, mobil berhenti, mobil berjalan, mobil meloncat, nah itu yang disebut method dalam object.

Class, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Class adalah bentuk dasar atau blueprint dari object. Di dalam Class inilah properti dan method dari object ditentukan.

Kemudian yang terakhir Instance, istilah inilah yang seringkali membingungkan. Instance dan Object itu apa bedanya ya? Singkatnya, instance hanyalah salinan yang berbeda dari class. Artinya Instance itu menggambarkan object. Misal kalau objectnya itu manusia, maka instance nya itu bisa "Budi", "Susi". Budi itu namanya sekaligus properti dari namanya, budi tidur itu method nya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diamond City Drummers: Forum Drummer Kota Garut